Cara Membuat Lampu Sorot LED Sendiri Lebih Efisien dan Murah

Anda pasti sudah tidak asing dengan perangkat elektronik ini, disaat ada event besar di atas panggung di malam hari pasti ada pancaran dari lampu sorot LED ini. Membuat lampu sorot LED sendiri untuk keperluan panggung jarak jauh diantara Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan lampu fresnel. Lampu Fresnel merupakan lampu yang biasanya digunakan pada event petunjukan atau pementasan yang berada pada panggung-panggung. 

Membuat Lampu Sorot LED Sendiri Untuk Kebutuhan Lampu Sorot Panggung

Pada dasarnya lampu sorot LED di rangkai dengan sebuah lampu bohlam halogen, yang mana lampu halogen sendiri bisa memancarkan sinar dengan sangat terang. Namun, ada beberapa kekurangan dari lampu halogen yang harus diketahui, diantaranya watt yang dibutuhkan sangat besar, dengan begitu akan menyedot banyak listrik.

Selain itu kekurangan lainnya yaitu umur dari lampu halogen tidak bisa bertahan lama, biasanya sekitar 400 jam saja. Sinar yang dipancarkan dari lampu halogen sendiri akan membuat suhu yang berada pada panggung menjadi panas. Maka dengan itu banyak orang yang tidak menggunakan lampu ini untuk lampu sorot LED panggung, terdapat lampu alternatif lainnya.

Lampu alternatinya yaitu anda bisa menggunakan lampu LED. Penggunaan lampu pada lampu sorot menjadi lebih baik dibandingkan lampu hologen. Karena daya watt sangat hemat, umur jadi lebih panjang dan pancaran sinar tidak menjadikan suhu panas.

Nah, langsung saja di artikel ini kami akan mengulas bagaimana cara membuat lampu sorot untuk keperluan panggung jarak jauh yang pastinya Anda bisa merangkainya sendiri dengan budget minimal. Sebelum membahas lebih lanjut tentunya Anda harus mengetahu kebutuhan alat dan komponen elektronik yang dibutuhkan. 

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat lampu sorot LED :

  1. Siapkan LED set 200 watt yang terdiri dari 200 buah LED. Anda bisa merangkainya sendiri, namun jika Anda tidak ingin terlalu ribet bisa membelinya yang sudah jadi, selisih harga yang ditawarkan tidak terlalu jauh
  2. Sediakan kipas + fan cooler untuk mendinginkan LED agar lebih awet dan suhu tidak terlalu panas. Anda bisa membeli satu fan set atau mengambil bekas dari CPU komputer.
  3. Power Supply dengan tegangan 70 V dengan arus 3-3,5 A.
  4. Sediakan juga lensa cembung yang digunakan untuk mengarahkan sinar dari LED supaya lebih fokus menyorot ke objek tertentu.
  5. Membutuhkan DMX LED driver supaya lampu sorot panggung bisa lebih dimmer. Komponen ini berisfat opsional.
  6. Jika agar lebih awet dan terlihat rapi anda bisa menggunakan box kayu.

Alat-alat yang dibutuhkan untuk merangkai

  1. Obeng
  2. Cutter
  3. Gunting
  4. Lem tembak
  5. Isolasi
  6. Gergaji
  7. Solder dan timah

Jika semua bahan dan alat yang dibutuhkan sudah siap, langsung saja merakitnya menjadi satu. Beikut dibawah ini langkah-langkahnya:

  1. Hubungkan LED set ke modul DMX LED driver dan power supply
  2. Selanjutnya tempatkan lensa di depan LED set.
  3. Setelah itu, masukkan semua komponen ke dalam box, supaya lebih rapi.

Nah, itulah beberapa tips merakit sendiri dirumah LED sorot tembak panggung, sangat mudah bukan! Anda bisa lebih hemat pengeluaran budget dibandingkan membeli yang sudah jadi.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *