Kegunaan Sabut Kelapa Untuk Tanaman

Bagaimana teman-teman bisa bertemu kembali dengan saya yang akan menyampaikan artikel berjudul kegunaan Sabut kelapa untuk tanaman.

Sabut Kelapa merupakan bagian dari pohon kelapa. Sabut kelapa ini memiliki tekstur yang sangat kasar dan mudah menyerap air sehingga dapat kita manfaatkan karena memiliki rongga yang cukup banyak.

Manfaat sabut kelapa sebagai media tanam secara hidroponik dengan sabut kelapa dapat digunakan untuk berkebun dirumah, bahkan kita katakan jika kita menggunakan media tanam dari serabut kelapa ini tentunya tanaman kita akan tumbuh lebih subur dan sehat.

Fungsi sabut kelapa tidak hanya sebagai media tanam tetapi juga sangat baik pada tahap perkembangan berbagai tanaman. Sehingga tanaman akan lebih berkembang jika kita menggunakan metode hidroponik dengan menggunakan media tanam sabut kelapa.

Manfaat Sabut Kelapa Untuk Tanaman

  1. Mengandung banyak sekali unsur kalium sehingga sangat cocok untuk kita jadikan sebagai pengganti pupuk Kcl yang selama ini digunakan masyarakat sebagai sumber kalium dari pupuk organik.
  2. Membantu menyimpan dan mengikat siklus udara dengan begitu erat.
  3. Memiliki drainase dan sistem air yang sangat baik.

Kita bisa memanfaatkannya sebagai bahan pembuatan pupuk organik padat atau pupuk organik cair. Kita bisa mengolahnya menjadi Cocopeat.

Cocopeat adalah sabut kelapa dari buah kelapa yang telah dihaluskan dengan mesin pengolah sabut kelapa, juga sangat cocok untuk kita gunakan sebagai media tanam hidroponik di rumah.

Cocok digunakan di daerah panas dan tidak mengandung nutrisi penting. Ramah lingkungan karena merupakan material dari alam. Namun dalam penggunaan kami, ada beberapa kelemahan sabut kelapa sebagai media tanam hidroponik bagi kami di rumah, diantaranya:

  1. Tidak terlalu cocok dengan jenis tanaman tertentu.
  2. Tidak mengandung nutrisi.

Pemanfaatan sabut kelapa dari buah kelapa kini mulai tergantikan dengan produksi olahan cocopeat. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, cocopeat adalah sabut kelapa yang sudah digiling menjadi lebih kecil dan bentuknya lebih halus dari sabut kelapa yang bentuknya masih cukup besar.

Saya jelaskan bahwa lebih banyak cocopeat lebih baik dari pada bentuk mentahnya, selain mampu membuat tanaman lebih tahan terhadap hama, juga memudahkan kita untuk berlatih di rumah.

Namun, hal ini tentu saja tergantung pada kesesuaian tanaman dan juga kemudahan kita berkebun untuk memanfaatkannya.

Cara Membuat Sabut Kelapa Lebih Bermanfaat Untuk Tanaman Yaitu:

Kita dengan menjadi cocopeat pengolah sabut kelapa tidaklah sulit, kita hanya perlu mengumpulkan sabut kelapa kemudian mencucinya dengan air bersih, kemudian kita bisa mengeringkannya di area yang terkena sinar matahari langsung Agar sabut kelapa ini bisa mengering, setelah dikeringkan kita bisa menyuwir sabut kelapa tersebut menjadi beberapa irisan.

Setelah proses penyiraman, kita bisa langsung memotong sabut kelapa kecil-kecil dengan gunting. Selanjutnya kita bisa menggunakan sabut kelapa yang sudah kita potong tadi dengan saringan seadanya. Setelah kita sisihkan serbuk sabut kelapa, kita masukkan ke dalam wadah.

Jadi pembuatan kami dari sabut kelapa hingga cocopeat sudah siap untuk kami gunakan sebagai media tanam kami di rumah.

Jika kalian ingin yang lebih cepat hasilnya maka gunakan saja mesin pengolah sabut kelapa akan membantu kalain untuk membuat cocopeat cepat dan mudah

Selain itu sabut kelapa juga dapat untuk kalian olah menjadi pupuk organik cair loh .

Cara Membuat Pupuk Cair Sabut Kelapa

Sabut kelapa dipotong kecil-kecil. Lalu kami taruh di wadah. Larutkan air, molase dan EM4 atau MA11. Aduk hingga rata. Lalu kami taruh di jerigen berisi potongan head wool. Jerigen ditutup rapat.

Buka tutup jerigen setiap pagi selama beberapa detik untuk membuang gas yang timbul. Lalu kita simpan di tempat teduh. Biarkan semua bahan selama 2 minggu Setelah selesai, saring larutan dengan saringan Larutan POC siap pakai yaitu cara pembuatan pupuk organik cair untuk tanaman petani.

Selain digunakan sebagai pupuk cair, petani juga menjadikan sabut kelapa menjadi sabut kelapa sebagai media tanamannya atau sebagai campuran tanah agar tanaman dapat tumbuh subur.

Demikian yang dapat saya sampaikan dan jelaskan kepada anda tentang artikel saya yang berjudul manfaat sabut kelapa bagi tanaman. Jika ada kata saya minta maaf , semoga bermanfaat dan selamat mencoba

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *