Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yang Wajib Kalian Tau!

Halo teman-teman semua! Jadi pda artikel kali ini aku bakal membagikan informasi tentang cara menyimpan sayuran di kulkas agar sayuran yang kalian simpan bisa tetap segar dan tahan lama.

Sebelum kita bahas tentang cara menyimpan sayuran di kulkas, yukk kita bahas terlebih dahulu penjelasan mengenai sayuran berikut ini!

Sayuran

Pengertian sayuran yaitu merupakan sebutan yang cukup umum bagi bahan pangan yang berasal dari tumbuhan. Biasanya sayuran memiliki kandungan kadar air yang cukup tinggi. Dan dapat dikonsumsi dalam keadaan masih segar (mentah) atau setelah di olah menjadi beberapa menu makanan.

Sebutan untuk aneka jenis sayuran biasanya disebut juga sebagai sayur-sayuran atau dapat juga disebut sebagai sayur-mayur. Adapun beberapa jenis sayuran dapat dikonsumsi mentah secara tanpa perlu di masak terlebih dahulu.

Sementara itu ada juga sayuran yang harus diolah atau dimasak terlebih dahulu dengan cara di rebus, di kukus, di goreng, di sangrai atau bisa juga di makan mentah-mentah.

Sayuran berbentuk daun yang biasanya di makan secara mentah dapat disebut sebagai lalapan. Sayuran merupakan contoh makanan yang sangat sehat apabila dikonsumsi secara teratur.

8 Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas Agar Tetap Awet

1. Sortir Sayuran Terlebih Dahulu Sebelum di Simpan

Cara menyimpan sayuran yang pertama adalah dengan cara sortir atau memilih sayuran yang kamu beli terlebih dahulu.

Bahkan sayuran yang kalian beli di supermarket sekalipun pasti memiliki bagian yang sudah menguning atau berubah warna menjadi kecoklatan. Buang bagian tersebut agar kerusakannya tidak menjalar ke bagian sayuran yang lain serta potong bagian akar sayuran tersebut.

2. Cuci dan Keringkan Sayuran Sebelum di Simpan Agar Tetap Awet

Setelah kalian membeli sayuran di pasar atau supermarket, langsung cuci sampai bersih setiap bagiannya menggunakan air yang mengalir dan usahakan untuk menggunakan sabun anti-bakteri. Hal ini bertujuan agar seluruh bakteri dan kotoran yang menempel pada sayuran terlepas dari permukaan sayuran tersebut.

3. Bungkus Sayuran Menggunakan Kertas atau Plastik

Sangat tidak di anjurkan untuk menyimpan sayuran dengan menggunakan wadah yang tertutup rapat. Hal ini dikarenakan sayuran juga tetap membutuhkan oksigen untuk bertahan hidup.

Tetapi kalian juga dapat menyimpannya menggunakan vacuum sealer. Karena vacuum sealer merupakan alat pres plastik kedap udara. Jika kalian menyimpan sayuran tersebut menggunakan plastk yang di vacuum, itu akan membuat sayuran anda akan lebih tahan lama.

Atau bisa juga dengan menggunakan kertas untuk menyimpan sayuran tersebut, karena kertas dapat mencegah suhu kulkas menyerap ke dalam sayuran sementara jika kalian menggunakan plastik berlubang, maka pltik berlubang akan memberi akses aliran udara.

4. Simpan Sayuran dengan Buah-buahan di Tempat yang Terpisah

Kalian harus menyimpan sayuran secara terpisah dengan buah-buahn, karena buah-buahan dapat menghasilkan zat etilen. zat etilen adalah zat yang dapat mempercepat kematangan pada sayuran atau bahan makanan lainnya.

Karena pada akhirnya ini akan menyebabkan proses pembusukan pada sayuran terjadi lebih cepat dari waktu yang seharusnya. Jika kalian ingin sayuran yang kalian simpan dapat bertahan selama tiga hari atau lebih tanpa membusuk, maka kalian bisa menyimpannya di rak khusus sayuran.

5. Usahakan Untuk Menyimpan Sayuran dalam Bentuk yang Masih Utuh

Sangat di anjurkan untuk menyimpan sayuran dalam keadaan yang masih utuh atau belum dipotong. Maka dari itu jangan potong sayuran sebelum di simpan, karena hal tersebut dapat menyebabkan sayuran lebih mudah kering dan juga akan membusuk.

Kalian hanya cukup memotong pada bagian akar atau bagian yang sudah menguning saja.

6. Cek Suhu Dalam Kulkas Secara Teratur

Kalian harus selalu mengecek suhu kulkas yang kalian gunakan untuk menyimpan sayuran tersebut. Suhu yang cocok untuk menyimpan sayuran adalah 1 hingga 4 derajat celcius.

Apabila suhu yang kalian gunakan lebih tinggi dari suhu diatas, maka bakteri akan lebih mudah berkembang dan akan membuat aroma serta cita rasa sayuran menjadi tidak sedap.

7. Tata Sayuran Sesuai dengan Jenisnya di Dalam Rak Sayur

Kulkas pada umumnya memiliki 3 hingga 4 rak untuk menyimpan bahan makanan. Jadi gunakan rak kulkas tersebut dengan sebaik-baiknya untuk menyusun sayuran sesuai dengan jenis sayuran tersebut.

Misalnya, kalian bisa meletakkan sayuran yang berdaun hijau di rak terbawah. Karena suhu di rak paling bawah cenderung stabil sehingga aman untuk sayuran yang lebih rentan busuk.

Kemudian pada rak tengah dapat digunakan untuk menyimpan sayuran yang memiliki kadar air rendah. Selanjutnya di rak teratas digunakan untuk menyimpan sayuran dengan kadar air tinggi.

8. Tidak Semua Jenis Sayuran Dapat di Simpan di Dalam Kulkas

Ada beberapa macam jenis sayuran yang tidak boleh di simpan di dalam kulkas. Misalnya adalah tomat, karena udara dingin didalam kulkas dapat menghambat proses pematangan pada tomat.

Kemudian daun kemangi, karena daun kemangi merupakan jenis sayuran yang mudah layu. Bumbu dapur pun sebaiknya di simpan di luar atau pada suhu ruangan saja karena kelembapan kulkas bisa menyebabkan teksturnya menjadi lembek.

Kemudian kentang, sebaiknya simpan kentang di tempat yang lebih gelap dan dingin dari pada yang lainnya. Hal ini dimaksudkan agar zat tepung yang terkandung didalamnya tetap terjaga.

Demikian artikel yang dapat saya sampaikan tentang cara menyimpan sayuran di kulkas. Jika kalian ingin tahu cara menyimpan sayuran yang lainya, maka kalin bisa cek pada artikel yang sudah pernah saya buat sebelumnya yaitu Cara Menyimpan Sayuran di Kulkas yaaaa….

Semoga artikel ini dapat membantu kalian semua dan kalian dapat menerapkannya jika kalian akan menyimpan sayuran di kulkas.

Terima kasih dan sampai jumpa!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *