cara buat coffee latte

Pengertian Perbedaan Serta Cara Buat Coffee Latte dan Cappuccino

Mau tau tentang apa itu coffee latte? simak yuk artikel tentang pengertian perbedaan serta cara buat coffee latte dan cappuccino berikut ini…

Apa Itu Coffee Latte?

cara buat coffee latte

Latte atau Caffè latte (bahasa Italia yang artinya kopi susu) adalah espresso atau kopi yang dicampur dengan susu hangat dan memiliki lapisan busa tipis di atasnya.

Perbandingan yang digunakan antara susu hangat dan kopi espresso dalam membuat segelas caffè latte adalah 2 : 1. Sedangkan di AS, untuk membuat latte menggunakan kombinasi yang terdiri dari sepertiga espresso dan dua pertiga susu panas, jadi lebih kental daripada cappuccino.

Minuman cofffee latte ini pertama kali ditemukan di Italia pada akhir 1950-an oleh Lino Meiorin. Lion adalah pemilik sebuah kafe dan merupakan barista pertama dari Italia.

Saaat itu para pengunjung kafenya belum terbiasa dengan rasa cappucino tradisional yang begitu pekat sehingga meminta lebih banyak susu (latte) untuk dicampur dengan kopinya.

Seiring berjalannya waktu, Lino memutuskan untuk menjual minuman espresso dengan takaran susus yang lebih banyak dan menyebutnya dengan nama “caffè latte”.

Saat itu, ia menyajikan caffè latte ddengan menggunakan mangkuk dan beralih dengan menggunakan gelas bir. Sedangkan untuk saat ini sendiri, caffè latte sudah disajikan dengan menggunakan cangkir.

Perbedaan Antara Coffee Latte dengan Cappuccino

Cappuccino dan latte merupakan dua minuman kopi dari Italia yang paling populer dan keduanya sama-sama diolah dengan menggunakan campuran antara espresso dan susu panas.

Perbedaan yang ada antara cappuccino dan latte adalah terdapat pada takaran susu hangat yang digunakan. Jika cappuccino dibuat dengan susu yang lebih sedikit dikukus atau bertekstur dibandingkan dengan caffe latte.

Didalam cappuccino, total espresso dan susu / busa menghasilkan kira-kira 6 ons dalam minuman 12 ons. Untuk lebih detiailnya lagi, simak tabel berikul ini.

Tabel Perbandingan Antara Coffee Latte dengan Cappuccino

 CappucinoLatte
Jumlah SusuMengandung lebih sedikit susu bertekstur atau diuapMengandung lebih banyak susu bertekstur atau diuap
Gaya PenyajianCappuccino disajikan dalam gelas di piring cawan dengan serbet.Latte disajikan dalam cangkir porselen dengan sifat penyimpanan panas yang lebih baik.
Berasal dariItaliaAmerika
Asal NamaNama “cappuccino” berasal dari kebiasaan biarawan Capuchin atau kepala putih mereka dengan ubun-ubun yang dicukur yang dikelilingi oleh cincin rambut cokelat.Dalam bahasa Italia “latte” adalah susu dan caffè latte mengacu pada kopi dan susu.

Bahan dan Presentasi

Segelas Latte itu biasanya dibuat dari kombinasi antara kopi dan susu uap yang sama-sama hangat. Biasanya kopi dapat diganti dengan menggunakan bahan minuman lain seperti teh atau matcha.

Di Italia, caffè latte sering disiapkan di rumah untuk sarapan pagi mereka. Kopi diseduh menggunakan Moka stovetop atau caffettiera dan dituangkan ke dalam cangkir yang sudah berisi susu hangat.

Latte Italia tidak mengandung susu berbusa. Di luar Italia, satu caffe latte adalah 1/3 espresso dan 2/3 susu kukus; Lapisan susu busa 5 mm mengapung di atasnya.

Versi lain dari latte dibuat dengan kopi kental atau kental yang dicampur dengan susu panas dengan perbandingan 1 : 1. Meski mirip dengan Cappucino, namun lapisan buih susunya berukuran 2 cm dengan Cappucino.

Cappuccino disiapkan dengan espresso, susu panas, dan busa susu uap. Tekstur dan suhu susu sangat penting. Susu diuapkan untuk mengeluarkan gelembung udara kecil ke dalam susu. Susu uap panas dituangkan ke dalam espresso yang menghasilkan lapisan busa susu setebal 2 cm di atasnya.

Cappuccino memiliki variasi yang menggunakan lebih banyak susu, seperti chiaro cappuccino, atau white cappuccino, scuro cappuccino, atau dry cappuccino. Cappuccino Freddo adalah versi minuman kopi dingin dan biasanya diberi sedikit susu dingin berbusa.

Sejarah Latte dan Cappuccino

Istilah caffè dan latte pertama kali digunakan pada tahun 1847 dan kemudian pada tahun 1867 istilah tersebut muncul dalam esai “Italian Journeys” karya William Dean Howells.

Latte aslinya berarti susu dalam bahasa Italia dan versi caffè minuman ini adalah ciptaan Amerika.

Caffè latte berasal dari Caffè Mediterraneum, sebuah kafe di Berkeley, California dan diseduh dalam bentuknya saat ini oleh Lino Meiorin untuk pertama kalinya.

Dia menambahkan lebih banyak susu ke dalamnya jika tidak cappuccino yang kuat dan menyebut minuman baru ini “caffè latte”.

Cappuccino dalam bentuk komersial diperkenalkan pada awal abad ke-20, ketika mesin espresso yang dipatenkan diperkenalkan oleh Luigi Bezzera dari Milan pada tahun 1901.

Mesin ini membuat cappucino sangat populer di kafe dan restoran dan mengalir dari yang dikembangkan pada tahun 1950-an.

Cara Buat Coffee Latte dan Cappuccino

cara buat coffee latte

Sebenarnya cukup mudah untuk membuat coffee latte dan coppuccino di rumah dengan menggunakan alat sederhana. Seperti beberapa cara buat cofffee lattte dan cappucccino berikut ini.

1.) Coffee Latte

Bahan yang akan digunakan untuk membuat coffee latte :

  • espresso
  • susu nonfat
  • coklat bubuk

Alat yang digunakan :

  • termos stainless steel

Cara untuk memebuat coffee latte :

  1. Siapkan semua bahan yang akan digunakan terlebih dahulu.
  2. Note : untuk membuat latte ternyata salah satu yang membuatnya berbeda dengan kopi rumahan adalah steamed and foam susu.
  3. Nah, ini bisa dibuat dengan alat sederhana. Tak perlu mesin pembuat foam. Siapkan saja termos stainless steel, masukkan susu ke dalamnya dan tutup rapat.
  4. Setelah itu kocok termos dengan cepat selama satu menit. Lakukan terus sampai susu berbusa.
  5. Buka tutup termos dan masukkan susu dalam microwave.
  6. Tunggu selama kurang lebih 30 detik. Susu bakal berubah menjadi foam. Latte pun siap dibuat.
  7. Tuangkan espresso hangat dan keluarkan foam.
  8. Tuangkan foam ke dalam cangkir lalu ratakan dengan sendok.
  9. Tambahkan coklat bubuk sebagai pemanis. Bisa diskip saja jika tak suka.
  10. Coffee lattte sudah siap di nikmati.

2.) Cappuccino

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat cappuccino :

  • Kopi murni bubuk 10-15 gram
  • Susu 120 ml
  • Coffee press atau french press

Cara membuat cappuccino :

  1. Rebus bubuk kopi dengan air panas sekitar 50 ml dan dibiarkan mendidih, sambil menunggu mendidih bisa sambil diaduk.
  2. Usai mendidih, kopi disaring agar bersih dari ampas lalu dimasukkan ke dalam cangkir.
  3. Setelah itu panaskan susu di atas panci dengan suhu air sekitar 70 derajat celsius, usahakan jangan sampai mendidih.
  4. Langkah selanjutnya masukkan susu panas ke dalam coffee press, lalu tekan ke atas ke bawah sekitar 30 kali sampai terbentuk bubble.
  5. Setelah susu siap bisa dicampurkan ke dalam cangkir berisi kopi yang telah disaring.
  6. Cappuccino sudah bisa dinikmati.

**********

Demikian artikel cara buat coffee latte yang bisa saya bagikan kepada Anda, semoga bisa bermanfaat. Jika Anda tertarik untuk mencoba resep kopi lainnya, anda bisa membaca artikel tentang cara membuat coffee latte paling lengkap yang satu ini.

Dan jika Anda tertarik untuk membeli atau mengoleksi mesin baik itu mesin pengolah kopi ataupun mesin pengiling kopi, Anda bisa mencarinya di rumah mesin. Karena disana tersedia banyak jenis mesin-mesin yang sangat berguna.

_Terima Kasih & Selamat Mencoba_

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *