Cara Membuat Trancam

Cara Membuat Trancam Segar dan Tentunya Menyehatkan

Pada kesempatan ini kita akan membahas cara membuat trancam yang benar dan pasti lezat. Trancam adalah hidangan populer yang berasal dari daerah Jawa Tengah dan Solo.

Sekilas Trancam sama dengan urap karena menggunakan bumbu kelapa parut. Perbedaan antara trancam dan urap adalah sayuran yang tidak direbus, atau menggunakan sayuran mentah. Sebagai makanan yang dibuat tanpa dimasak, trancam memiliki kandungan nutrisi yang tinggi.

Menurut sejarah, trancam pertama kali diperkenalkan di wilayah Jawa Tengah. Bagi orang Jawa dan daerah sekitarnya tentu tidak asing dengan makanan trancam ini.

Bahan yang digunakan untuk membuat trancam bervariasi di setiap wilayah. Namun, bahan dasar yang digunakan hanya irisan kacang panjang, kecambah pendek, dan daun kemangi.

Di Jogja misalnya, beberapa bahan juga ditambahkan, yaitu daun pepaya, sawi putih, daun kenikir, daun kemangi, dan sebagainya. Selain sayuran sebagai bahan utama, ada juga daging kelapa muda parut yang dicampur dengan rempah-rempah khas Jawa sebagai pelengkap.

Rasa segar trancam dipercaya bisa mengurangi panas dari mengonsumsi makanan berminyak. Rasa segar diperoleh dari mentimun dan berbagai sayuran mentah lainnya yang merupakan bahan utama trancam.

Orang Jawa biasanya mengkonsumsi trancam bersama dengan lele bakar, kakap bakar, sate kambing, dan sebagainya. Memang, trancam memiliki rasa segar di lidah, tetapi makanan yang satu ini tidak bisa bertahan lama.

Rempah-rempah wajib untuk membuat persiapan trancam adalah daun kencur dan jeruk purut. Sayuran yang digunakan adalah sayuran mentah, jangan lupa cuci bersih, oke? Segera, kami merujuk pada resep dan cara membuat trancam yang lezat di bawah ini.

Cara Membuat Trancam

Bahan yang digunakan untuk Cara Membuat Trancam:

  •     Kacang panjang, iris tipis 100 gram
  •     Mentimun dipotong menjadi 1 bagian
  •     750 gram tauge
  •     Parutan kelapa muda 1/2 gram (gunakan mesin parut kelapa)
  •     Bawang putih 1 siung
  •     Kencur 1 segmen
  •     Cabai merah keriting 4 buah
  •     Bawang putih 2 siung
  •     Kemiri
  •     Daun jeruk
  •     1 sendok teh gula merah
  •     1 sendok teh garam

Langkah-langkah untuk Cara Membuat Trancam:

  1.     Cuci semua bahan nabati, sisihkan.
  2.     Gosok semua bahan sampai bumbu trancam halus.
  3.     Campur bumbu trancam dengan kelapa parut. Aduk rata.
  4.     Dalam sebuah wadah, campur semua sayuran dengan kelapa berpengalaman. Campur dengan baik.
  5.     Siap disajikan.

Tips :

  •     Jika Anda ingin bertahan lebih lama, kukus atau panggang kelapa parut selama 10 menit.
  •     Karena semua bahan untuk membuat trancam adalah mentah atau mentah, campur semua bahan dalam trancam sebelum disajikan.

Manfaat Kesehatan dari Mengkonsumsi Trancam

Makan sayuran mentah atau trancam memiliki banyak manfaat kesehatan karena mengandung banyak enzim yang dibutuhkan tubuh kita untuk mencerna makanan. Sayuran mentah juga mengandung banyak nutrisi. Segera, kami melihat manfaat trancam untuk kesehatan.

1. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat trancam pertama dapat menjaga kesehatan jantung. Sayuran kaya akan beta-karoten dan magnesium, mineral penting yang berfungsi menjaga dan menjaga kesehatan jantung.

Karena itu, selain berolahraga secara teratur dan menjaga pola makan yang sehat, makan sayur secara teratur juga dipercaya memperkuat jantung Anda.

2. Meningkatkan nafsu makan

Sayuran memang bisa meningkatkan nafsu makan. Wajar jika banyak orang mengonsumsi sayuran mentah, trancam sebagai sayuran segar. Manfaat sayuran dapat meningkatkan nafsu makan dan membuat makan menjadi rakus, karena aroma khas sayuran mentah.

3. Menurunkan Gula Darah

Banyak orang tidak tertarik mengonsumsi trancam karena alasan tertentu atau aromanya yang menyengat. Namun, siapa sangka jika salah satu khasiat mengkonsumsi trancam untuk kesehatan lain adalah menurunkan gula darah.

4. Mengatasi perut kembung, sakit maag, masuk angin dan masalah usus

Menurut penelitian, manfaat trancam dapat mengobati perut kembung, bisul, badan lesu, masuk angin, untuk mengatasi kejang.

5. Anti-Panuan

Sayuran dalam trancam mengandung banyak antioksidan. Kerusakan radikal bebas pada kulit dan otak dapat menjadi penyebab utama penuaan. Antioksidan akan membantu mengurangi efek sel radikal bebas dan mencegah tubuh dan pikiran dari stres oksidatif yang berlangsung lebih lama.

Oke sobat, begitulah artikel yang saya buat ini, semoga bisa menambah pengetahuan Anda tentang cara membuat trancam dan bahan-bahannya – bahan yang benar. Anda dapat membuat trancam Anda sendiri dan tentu saja dengan bahan-bahan yang mudah tersedia di lingkungan sekitarnya. Jika AC Anda rusak atau netes, Anda bisa service rutin di service ac jogja. Sekian dan terima kasih.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *