cara membuat nugget pisang coklat

Cara Membuat Nugget Pisang Coklat nan Lezat

Bersantai di sore hari tentu lebih lengkap, disertai dengan makanan ringan lezat yang diolah dengan cara membuat nugget pisang coklat. Kreasi kudapan ini memang naik dan disukai banyak orang karena teksturnya yang lembut di dalam dan luar yang renyah.
Meski mirip dengan pisang goreng, namun banana nugget memiliki tekstur yang lebih halus karena pisang dihaluskan terlebih dahulu, baru kemudian diberi tepung. Tak hanya itu, penambahan remah roti di bagian luar kulit membuat teksturnya semakin renyah. Apalagi bila ditambah dengan bungkus cokelat lembut di mulut.

Cara Membuat Nugget Pisang Cokelat

Bahan:

- 500 gr pisang matang, haluskan - 100 gr tepung terigu - 30 gr susu bubuk - 15 gr gula pasir - 2 butir kuning telur - 1/4 sdt garam - 1/2 sdt vanili

Bahan pencelup:

- 2 butir putih telur, tambahkan 4 sdm air, kocok lepas - Secukupnya tepung panir

Cara Membuat Nugget Pisang Cokelat:

1. Campur semua bahan menjadi satu, aduk rata. 2. Tuang ke dalam loyang ukuran 20x10, yang sudah dioles minyak dan dilapisi plastik food grade. 3. Panaskan kukusan hingga beruap banyak, lalu kukus adonan selama 30 menit/sampai matang. Angkat, dinginkan, lalu potong sesuai selera. 4. Celupkan potongan nugget ke dalam bahan pencelup, lalu balur dengan tepung panir, lakukan hingga habis. 5. Simpan dalam freezer selama 1 jam. 6. Panaskan minyak goreng, lalu goreng nugget pisang menggunakan mesin deep frying hingga kuning keemasan. 7. Angkat dan tiriskan. 8. Kemudian baluri dengan toping susu cokelat. 9. Nugget Siap disajikan dengan aneka topping cokelat.

Jenis Jenis Cokelat yang dapat Digunakan Untuk Campuran Kue

Selain digunakan sebagai bahan permen atau minuman, cokelat juga merupakan salah satu bahan memanggang. Dan sebelum mempelajari lebih jauh tentang memanggang tentunya anda harus mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis coklat yang biasa digunakan untuk memanggang.

1. Couverture

Couverture adalah jenis cokelat terbaik dengan kandungan cocoa butter. Biasanya juga disebut sebagai lapisan coklat. Couverture sendiri tersedia dalam bentuk coklat pahit, semisweet, putih, dan coklat susu. Hasil kopling bagus untuk pencelupan karena sangat encer saat meleleh.

2. Cocoa Butter

Cokelat ini terlihat seperti pasta kental dan terbuat dari 50% lemak merah ditambah gula, perasa dan pengental. Cocoa butter biasanya digunakan untuk membuat es krim dan berbagai makanan penutup.

3. Cokelat Premium

Cokelat jenis ini mengandung sekitar 50% -70% cokelat padat. Mengandung lebih sedikit gula dan minyak sayur. Cokelat hitam ini juga memiliki kandungan kalori yang lebih rendah, melepaskan jenis cokelat lainnya.

4. Chocolate Pasta

Pasta coklat terbuat dari ekstrak cokelat yang cair tetapi kental. Biasanya dijual dalam botol dan sering digunakan sebagai penyedap kue, kue, puding dan minuman.

5. Meses

Disebut juga coklat beras, produk coklat yang satu ini terbuat dari coklat padat atau bubur coklat murni, lemak coklat, minyak goreng, gula pasir, susu, esensi dan lesitin. Biasanya digunakan sebagai topping roti dan dekorasi kue. Bentuknya mirip dengan nasi, dan terkadang juga tersedia dalam berbagai warna.

6. Cokelat Pahit

Cokelat pahit ini bentuknya batangan, biasanya tidak mengandung gula dan sering digunakan dalam membuat kue. Cokelat ini disebut juga baking chocolate dan merupakan bahan baku pembuatan cokelat masak. Kandungan kalori per 100 gram adalah 504 kalori.

7. Cokelat Masak

Cokelat yang dimasak terbuat dari gula, esensi, lesitin, susu dan juga dikenal sebagai senyawa cokelat.

8. Dark Chocolate

Cokelat hitam ini terasa lebih pekat, lebih banyak warna, dan lebih banyak komponen kimia yang berkhasiat bagi kesehatan. Cokelat hitam tidak mengandung susu murni, dan lebih banyak mengandung cokelat cair, cokelat bubuk, dan minyak cokelat.

9. Semisweet Chocolate

Cokelat hitam jenis ini biasanya ditambahkan mentega kakao dan gula. Semisweet rasanya agak manis dan biasanya digunakan sebagai makanan penutup. Cokelat ini disebut juga cokelat masak pekat dan mengandung 27% lemak cokelat.

10. Sweet Chocolate

Atau cokelat manis, yang mengandung lemak cokelat yang hampir sama dengan cokelat semisweet, tetapi menambahkan lebih banyak gula. Biasanya digunakan untuk menghias kue dan hidangan kue.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *