Tips Dan Praktik Photography – Memahami Focal Length

Tips Dan Praktik Photography – Memahami Focal Length

Menentukan panjang fokal bagi fotografer bukanlah perkara yang sulit. Fotografer pasti sudah tahu tentang bagaimana menentukan focal length yang tepat untuk kebutuhan fotografi mereka. Peran focal length di dalam fotografi sangatlah penting. Dengan objek dan angle yang sama namun menggunakan focal length yang berbeda maka gambar yang dihasilkan memiliki kedalaman yang berbeda. Mengenal Focal length Dalam dunia fotografi pasti Anda sudah tidak asing dengan istilah focal length.

Sumber : Sewa Sound System Jakarta

Tetapi, bagi fotografer pemula yang baru mengenal dunia fotografi terkadang masih banyak yang bertanya-tanya istilah focal length. Focal length atau panjang fokal adalah suatu ukuran dari panjang lensa yang digunakan. Ukuran yang digunakan adalah milimeter. Semakin besar atau semakin panjang ukuran dari panjang fokal, maka secara otomatis bidang gambar yang mampu ditangkap oleh kamera juga akan semakin sempit. Dan sebaliknya, semakin kecil focal length maka akan semakin lebar pula bidang yang mampu ditangkap oleh sensor kamera. Setelah mengetahui tentang peran focal length pada fotografi, kali ini kami akan menyajikan bagaimana ukuran yang mampu dibuat oleh focal length terhadap kamera dengan menggunakan perbandingan derajat sudut.

Untuk lensa yang memiliki focal length ekstreme seperti fisheye, ini akan mampu membentuk sudut gambar bahkan hingga 180 derajat. Dengan cakupan ruang sudut yang sangat lebar gambar yang dihasilkan akan melebar hingga ke sisi bagian kanan dan kiri lensa. Sementara itu, focal length tele mempunyai ruang sudut yang sangat sempit dan memang cocok untuk mengambil objek yang jauh dan cukup kecil. Dengan menggunakan panjang fokal 200 mm, Anda akan hanya mendapatkan ruang sudut sebesar 12 derajat saja dan ini sangat sempit. Lalu berapakah sebenarnya ruang sudut yang mampu dilihat normal oleh manusia focal length 50mm adalah focal length yang mempunyai jangkauan bidang gambar yang sama dengan mata manusia.

Focal Length Ideal

Dalam menentukan focal length yang ideal ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah sensor kamera yang digunakan. Karena walaupun Anda menggunakan lensa yang mempunyai panjang fokal yang sama namun menggunakan kamera dengan sensor yang berbeda, maka gambar yang dihasilkan akan beerbeda pula. Pada kamera yang menggunakan sensor APS-C akan terjadi croping factor. Croping factor ini akan mempengaruhi panjang fokal yang dihasilkan oleh kamera, pada Nikon memiliki 1,5 kali croping factor sementara pada Canon 1,6 kali.

Namun, hal ini tidak terjadi pada kamera dengan format sensor fullfarme. Bahkan pada kamera micro four third terjadi croping factor sebanyak 2 kali. Jika Anda menggunakan Nikon D7200 dan memakai lensa 75-300 mm, maka sebenarnya focal length yang dihasilkan oleh kaera tersebut adalah 112,5 mm- 450 mm. Hal ini terjadi karena focal length yang ada pada lensa dikalikan dengan crop factor yang terjadi yakni 1,5 kali.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *